19 March 2012

Mendekteksi Virus DNSChanger pada komputer


Virus DNSchanger mungkin diantara kalian ada yang sudah mengenal atau bahkan belum mengenalnya sama sekali, atau mungkin (saja) komputer pribadi anda sudah terinveksi Virus ini beberapa hari lalu tapi semoga saja tidak dan sudah bersih.

Mari riview sebentar apa itu virus DNSchanger?
Sesuai namanya ia bekerja dengan cara mengubah DNS komputer dari yang asli pada DNS palsu lalu kemudian dikendalikan dari server sang pengendali kelompok yang menciptakan (Hacker: 7 pelaku sudah ditangkap) virus akan menyebar melalui Internet hanya pada komputer untuk menginveksinya.

Adapun cara mudah mengetahui apakah Komputer anda terkena virus ini atau tidak, melalui jasa situs khusus:

Buka web browser (mozila, explore, safari, dll)

http://dns-ok.us
http://dns-ok.de
http://dns-ok.ax/index_en.html http://dns-ok.fi/index_en.html

Apabila hasil test berwarna hijau, maka komputer Anda normal. Namun bila hasilnya berwarna merah, maka setting DNS server dari komputer Anda atau router broadband Anda diarahkan ke server jahat yang dikenal.

Komputer

Disarankan untuk mengembalikan setting DNS komputer yang terjangkit untuk mendapatkan settingan lama dengan otomatis. Silakan kontak ISP atau admin IT kantor Anda untuk mendapatkan bantuan.
Jika komputer terjangkit malware DNSChanger usahakan untuk tidak mengupdate sistem dan data base software security. Untuk membersihkan virus tersebut pengguna Windows dan Mac bisa menggunakan aplikasi anti virus yang paling update, baik versi gratisan ataupun berbayar.
Setelah dibersihkan, gunakan lagi metode test di atas untuk meyakinkan apakah setting DNS server sudah normal atau belum.

Newer Post Older Post Home

0 komentar:

Post a Comment

TOLONG BERKOMENTAR DENGAN KATA-KATA YANG BAIK , BENAR DAN SOPAN :)